Selasa, 06 November 2012

DEFINISI BIOSFER


pBIOSFER merupakan sistem kehidupan yang paling besar karena terdiri atas gabungan ekosistem yang ada di planet bumi.
ppengertian Biosfer 
Kata biosfer berasal dari kata bio yang berarti hidup, dan spere yang berarti lapisan. Jadi biosfer adalah lapisan tempat tinggal dengan lingkungan sebagai satu kesatuan utuh. Kehidupan makhluk hidup tidak lepas dari tiga (3) lapisan utama bumi, yakni litosfer, hidrosfer, dan atmosfer makhluk hidup. Biosfer adalah sebuah sistem, neliputi seluruh makhluk hidup yang berinteraksi .

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli


Ada beberapa macam pendapat tentang arti biosfer, pendapat tersebut dikemukakan oleh para ilmuwan yang menyatakan definisi biosfer menurut versi mereka masing-masing. Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian biosfer seperti yang dikutip dari Wikipedia.


Menurut para ahli, Biosfer adalah:
1. Ahli geologi Eduard Suess di Austria 1875
Biosfer adalah tempat pada permukaan bumi dimana kehidupan berdiam.

2. Ilmuwan James Lovelock
Konsep bahwa biosfer itu sendiri adalah sebuah organisme hidup, yang disebut sebagai hipotesa Gaia. Hipotesa Gaia untuk menjelaskan bagaimana faktor biotik dan abiotik berinteraksi dalam lingkungan. Bumi ini sendiri menganggap dirinya semacam organisme hidup.

3. Jhon Wiley
Biosfer adalah zona dari planet bumi di mana kehidupan terjadi secara alami,diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah

4. Michael Allaby
Biosfer adalah bagian dari lingkungan hidup organisme yang ditemukan dan mereka berinteraksi membentuk sebuah sistem kelompok yang stabil,efektif untuk keseluruhan ekosistem di planet. 


     Dalam rangka pengolahan sumber daya hayati perlu di buat konsep cagar biosfer.Cagar biosfer merupakan bagian dari suaka alam atau taman nasional ,tetapi dapat juga  mencakup daerah yang tidak sesuai dengan syarat suaka alam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar